Pulau Kenawa Surga Padang Savana


Pulau kenawa adalah sebuah pulau kecil yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat Provensi Nusa Tenggara Barat. Walau kecil namun pemandangan alam di pulau ini sangatlah indah dengan pasir putih dan padang rumput hijau yang menyelimuti hamper seluruh daratannya. pulau yang luasnya sekitar 13 hektare ini tidak habis-habisnya menyuguhkan keindahan yang dapat memanjakan mata, apabila lagit sedang cerah maka akan terlihat pemandangan indah gunung rinjani yang ada di sebelah barat. Tidak hanya itu dipulau ini juga anda para pecinta sunset dapat menemukan keindahan matahari terbenam di upuk barat. Pemandangan bawah laut Pulau Kenawa juga tidak kalah indahnya dengan alam di sekitar pulau ini, sehingga banyak penyelam baik dari dalam negeri dan luar negeri selalu berminat untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut secara langsung.
pulau kenawa mutiara sasak

Bagaimana cara menju pulau kenawa?
Dari kota mataram atau pulau lombok anda bisa menggunakan kendaraan peribadi menuju pelabuahan kayanagan. Dari kayanagan anda bisa menyeberang ke pelabuhan poto tano kabupaten Sumbawa barat dengan menggunakan kapal laut. Dan jika anda menggunakan bus anda bisa langsung menaiki bis yang akan menuju pulau Sumbawa kemudian turun di pelabuhan poto tano. Setelah tiba di pelabuhan poto tano anda bisa melanjutkan perjalanan ke pulau kenawa menggunakan perahu atau kapal nelayan sekitar setengah jam perjalanan dari pelabuhan poto tano menuju pulauu kenawa. 

Kondisi pulau kenawa?
Pulau kenawa yang luasnya 13 hektare ini  menyuguhkan pasir putih dan keindahan padang savana. Di pulau yang tak berpanghuni ini terdapat bukit yang ada ditengah-tengah pulau. Selain itu di pulau  ini juga terdapat beberapa berugak yang anda bisa jadikan tempat beristirahat sembari menyaksikan pulau ini. Pulau ini juga cocok untuk dijadikan tempat snorkeling karena keindahan bawah lautnya. Namun karena pulau ini tidak berpanghuni jadi tidak ada tempat penyewaan alat senorkeling. Jadi jika anda ingin menyaksikan keindahan bawah laut pulau kenawa anda bisa menyiapkan alat snorkeling sendiri dari rumah. Satu lagi jika anda berkunjung ke pulau ini pada musim kemarau maka pemandangan hijau tidak akan anda temukan namun jika anda berkunjung pada musim penghujan maka mata anda akan disuguhkan dengan keindahan padang savana yang hijau. Walaupun demikian pulau ini tetap indah walaupun pada musim kemarau ataupun musim penghujan.

0 Komentar untuk "Pulau Kenawa Surga Padang Savana"

 
Copyright © 2014 MUTIARA SASAK - All Rights Reserved
Template By Catatan Info