Air Terjun Sendang Gila


Kaki Gunung rinjani bagian utara memilkiki sejuta keindahan salah satunya adalah keindahan air terjunnnya. Di Kabupaten Lombok Utara Terdapat Banyak sekali air terjun salah satunya adalah air terjun Sendang Gila. Air Terjun Sendang Gila (baca gile) terletak di ketinggian 600 m di atas permukaan laut (dpl) dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter.  Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan, dimana tingkat pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam dibawahnya.  Selanjutnya dari kolam ini air meluncur ke bawah membentuk tingkatan kedua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawahnya.  Lokasi wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Nama air terjun ini diambil dari cerita warga setempat yang dengan tidak sengaja menemukan air terjun ini sambil berburu singa gila yang mengganggu di pedesaan dan kemudian warga mengejarnya kedalam hutan. Dan yang menarik  adalah semua penduduk telah percaya bahwa air terjun ini memiliki keajaiban yaiyu bisa membuat seseorang setahun lebih muda dari usia sebenarnya dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Dan juga air terjun ini tidak begitu jauh dari air terjun lain seperti seperti Tiu Kelep dan Air Terjun Batara Lenjang.
mutiasa sasak sendang gila

Bagaimana cara menuju air terjun?
Air Terjun ini berjarak kurang lebih 60 km dari ibu kota Mataram.  Untuk menuju ke desa Senaru diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan roda empat dari pusat kota Mataram.  Ada dua rute yang bisa ditempuh untukj menuju kesana, yaitu pertama melalui Pusuk dan kedua melalui Pantai Senggigi.  Tidak ada kendaraan umum yang menuju langsung ke lokasi ini. Oleh sebab itu para pengunjung biasanya menyewa kendaraan di rental-rental mobil atau motor yang banyak ditemukan di pusat kota (Mataram atau Cakranegara).
Selanjutnya dari pintu masuk di desa Senaru ke lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki menuruni 315 anak tangga melalui sebuah lembah yang cukup terjal dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Setelah itu barulah anda menikmati kesejukan dan keindahan air terjun ini. Untuk masuk ke kawsan ini anda cukup merogoh koceh sekitar Rp.5000.
0 Komentar untuk "Air Terjun Sendang Gila"

 
Copyright © 2014 MUTIARA SASAK - All Rights Reserved
Template By Catatan Info