Sensasi Keindahan Alam Air Terjun Mangku Sakti



Air terjun mangku sakti adalah salah satu dari banyak air terjun yang ada di wilayah kecamatan sembalun. Air terjun ini berda di kaki gunung rinjani tepatnya di desa sajang kecamatan sembalun kabupaten lombok timur. Mangku sakti sendiri berarti penunggu yang sakti. Menurut penuturan wargini daulunya ada seorang mangku yang biasa disebut dengan mangku gunung rinjani atau penunggu gunung rinjani. Sepeninggal mangku tersebut ditemukanlah air terjun ini karena itu airt tejun ini dinamakan mangku sakti.
air terjun mangku sakti



Bagaimana cara menuju air terjun ini?
Dari kota mataram anda bisa menggunakan kendaran peribadi maupun kendaraan umum tapi kendaraan umum jarang . Jaraknya dari kota mataram sekitar 100 km lebih. Dari mataram anda dapat langsung memacu kendaraan menuju Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Setiba di desa sajang terdapat gapura sebagai penujuk jalan meuju air terjun. Dari jalan beraspal menuju air terjun jaraknya sekitar 5 km yang bisa anda tempuh menggunkan kendaraan namun ada baiknya anda menggunkan kendaraan roda dua sebab kondisi jalan kurang memmungkinkan untuk kendaraan roda empat.

Kondisi air terjun?
Air terjun mangku sakti ini memiliki tinggi terjunan sekitar 40 meter dengan kolam air terjun seluas 15 meter persegi dan mempunyai kedalaman sekitar 2-4 meter. Bagi anda yang ingin mencoba jump spot anda bisa mencoba jump spot dari ketinggian 5 meter dan nyebur ke kolam air terjun. Aliran air pada air terjun ini memiliki kandungan belerang jadi jika anda mandi anda akan merasakan senasi dinginya air pegunungan yang tercapur dengan belerang. Air terjun ini memiliki debit air yang sangat besar jadi kita pengunjung tidak bisa langsung mandi dibawah terjunan karena debit air ini dan kondisi kolam air terjun yang dalam.

Saran trip :  jika anda ingin berkunjung ke air terjun ini anda bisa berkunjung ke bukit pegasingan untuk melihihat keindahan desa sembalun dari ketinggian sebelum menuju ke air terjun.

0 Komentar untuk "Sensasi Keindahan Alam Air Terjun Mangku Sakti"

 
Copyright © 2014 MUTIARA SASAK - All Rights Reserved
Template By Catatan Info