Air Terjun Kembar Tiu Teja

Lombok Utara adalah salah satu kabupaten di provensi  NTB yang paling banyak memiliki obyek wisata air terjun. Di kabupaten lombok utara ini ada beberapa air terjun yang sudah sangat terkenal yaitu air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gila. Namun masih banyak air terjun yang keindahanya tidak kalah dengan kedua air terjun di atas salah satunya adalah air terjun Tiu Teja. Air terjun ini terletak di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, sekitar 80 km dari kota Mataram, ibu kota Propinsi NTB.

Inilah salah satu air terjun yang airnya mengalir dari Danau Segara Anakan di puncak Gunung Rinjani. Air Terjun ini memiliki ketinggian terjunan sekitar 50 meter denagn lebar kyrang lebih 10 meter. Dikawasan air terjun ini terdapat dua air terjun yang sudah di jamah namun air terjun inilah yang paling mudah dijangkau diantar dua air terjun lainya. Kawasan air terjun ini memiliki  jarak kurang lebih 3 km dari desa Santong dan  kini telah dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua sampai ke areal parkir gerbang obyek Wisata tersebut. 


Kenapa air tejun ini dibilang kembar?
Air terjun ini sebenrnya memiliki dua terjunan yaitu disisi kiri dan sisi kanan namun yang biasanya hanya air terjun yang sisi sebelah kanan saja yang ber air karena debit air yang mengalir disisi kanan jauh lebih besar dari pada debit air yang mengalir disisi kiri. mungkin jika anda beruntung barulah anda bisa menikmati air terjun kembarnya. Nama Teja sendiri berarti pelangi karena pelangi sering muncul di air terjun ini akibat pantulan sinar matahari yang memantul dari percikan air terjun ini. Air terjun ini selalu ramai karena jalur aksesnya dibilang sangat  mudah dibandingkan dengan air terjun yang ada di sekitarnya.




0 Komentar untuk "Air Terjun Kembar Tiu Teja"

 
Copyright © 2014 MUTIARA SASAK - All Rights Reserved
Template By Catatan Info