Wisata Pulau Satonda

Pulau sumbawa cukup terkenal dengan keindahan alamnya salah satunya adalah keindahan alam pulau satonda. Pulau satonda berada di desa Desa Nangamiro, Kecamatan Tambora, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau satonda ini sudah menjadi Taman Wisata Alam Laut sejak tahun 1999. Selain pesona pasir putihnya yang membuat pulau satonda ini menarik untuk dikunjungi wisatawan adalah danau yang berada di tengah - tengah pulau. Danau inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari pulau satonda ini.

  
Bagaimana cara menuju pulau satonda?
Untuk menuju pulau satonda anda bisa melewati Desa Nangamiro ataupun Desa Labuan Kananga dari pusat kota dompu anda bisa menempuh desa ini sekitar 5 jam perjalana. setibanya di Desa Nangamiro, anda bisa menyebrang menggunakkan perahu motor milik penduduk setempat dari Pelabuhan Nangamiro. Biasanya, anda akan dikenakan tarif sekitar Rp 25.000*) per orang. Perjalan dari Pelabuhan Nangamiro ke Pulau Satonda bisa ditempuh dengan waktu sekitar satu jam. Ditengah perjalanan meuju pulau anda bisa menyakiskan kawanan lumba-lumba yang akan memnemani perjalanan anda. Namun tidak semua orang yang berkunjung ke pulau satonda dapat melihat kawanan lumba-lumba ini. Artinya anda bisa melihat lumba-lumba ini jika keberuntungan menghampiri anda.
Bagi anda yang memiliki kantong tebal anda juga bisa meuju pulau dengan menggunakan kapal pesiar dari pulau moyo, pulau lombok dan pulau bali.

Kondisi pulau satonda?
dipulau ini terdapat dermaga sebagai tempat penyebrang. Disekita dermaga terbentang pasir putih yang sangat indah. Di pulau ini juga terdapat sebuah danau yang luasnya sekitar 2.600 hektar. Danau ini merupakan danau vulkanis karena terbntuk dari letusan gunung api bawah laut. Makanya rasa air di danau ini adalah asin. Disini anda juga bisa melakukan soft trekking karena dipulau ini terdapat bebukitan yang bisa anda jadikan tempat trekking.


0 Komentar untuk "Wisata Pulau Satonda"

 
Copyright © 2014 MUTIARA SASAK - All Rights Reserved
Template By Catatan Info