Wisata Liang Petang

Liang Petang - Selain liang bukal pula sumbawa juga memiliki wisata liang (gua) yang tidak kalah bagus dan indah untuk di kunjungi yaitu liang liang petang. Jika liang bukal berati lubang/gua kelelawar maka liang petang berarti lubang/gua yang gelap. Seperti yang di ketahui ketauhui jika berwisata ke gua salah satu keindahan yang bisa kita temukan adalah rangkaian slaktit dan stalagmit yang memukau, dan inilah yang membuat gua ini sangat unik. Selain itu yang menarik digua ini adalah adanya bebatuan yang tidak biasa terlihat seperti batu yang mirip dengan mayat karena betuknya yang menyerupai mayat.

Bagaimana menuju liang petang?
Untuk menuju liang petang dari pulau lombok atau tepatnya di pelabuhan kayangan anda biasa nyeberang ke pulau sumbawa atau ke pelabuhan poto tano dengan meggunakan kapal laut. Dari pelabuhan poto tano anda bisa naik bis menuju Kabupaten Sumbawa Besar tepatnya di Kecamatan Moyo Hulu Desa Datu Tering yang jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota. untuk menuju desa ini anda bisa menggunakan kendaraaan roda dua ataupun roda empat. Jalan menuju Desa Batu Tering memang sudah di aspal, namun saat mendekati desa sekitar 2 kilometer, barulah anda akan menjumpai kondisi jalan yang cukup menyulitkan apabila anda menggunakkan kendaraan roda empat. selajutnya perjalanan anda menuju Liang Petang harus ditempuh dengan berjalan kaki melewati kawasan yang masih alami dengan jalan yang menanjak serta berbatu-batu. Setelah sekitar 20 menit berjalan kaki dan mendaki, anda akan tiba di mulut goa yang siap untuk anda ekplorasi kecantikannya.

Kondisi liang petang?
Goa ini memiliki  panjang lebih dari 500 meter yang didalamnya dihuni oleh banyak kelelawar. kondisi gua ini terbilang cukup gelap jadi jika kesana disarankan membawa alat penerangan berupa senter ataupun obor. Di gua ini anda juga bisa menemukan sumber mata air yang dipercaya oleh masyarakat setempat dapat membukakan hajat anda.
0 Komentar untuk "Wisata Liang Petang"

 
Copyright © 2014 MUTIARA SASAK - All Rights Reserved
Template By Catatan Info