Ares Kuliner Khas Sasak Kaya Rempah-Rempah

Berbicara tentang makanan ares pasti bayangan sebagian besar orang lombok adalah makanan orang begawe (Hajatan). Ares merupakan makanan khas lombok yang bisa disajikan pada acara-acara hajatan baik itu sunatan kawinan ataupun acara selametan orang meninggal. Ares ini termasuk makanan yang terbilang unik karena bahan dasar pembuatannya adalah pohon pisang atau dalam bahasa sasak disebut kedebong. Teknik pembuatan ares ini yaitu pohon pisang terlebih dahulu dikupas bagian luarnya sekitar empat atau lima lapisan dibuang. Kemudian bagian dalam pohon pisang yang telah dikupas tadi dicincang kecil-kecil.Kuah ares ini mirip dengan kuah kari yang dimasak  dengan banyak rempah-rempah seperti bawang, ketumbar, kemiri, laos, merica dan lengkuas. Ares biasanya dimasak dengan jumlah yang banyak karena satu batang pohon pisang itu bisa menjandi satu panci ares. Jika anda ingin mencoba merasakan makanan ares khas lombo ini, makanan ini anda bisa jumpai di seputaran Mataram dan Cakranegara ataupun warung-warung kecil yang menjual sayuran ares ini. 

ares makanan khas sasak mutiara sasak


Ares ini memiliki sejarah yaitu  konon dahulu kala pulau Lombok pernah dilanda musim kering yang berkepanjangan.  Musim yang menyebabkan tumbuh-tumbuhan susah bertahan hidup. Kemudian disuatu desa ada pemuda yang menemukan pohon pisang untuk dimasak, pemuda yang terakhir diketahui adalah bernama ares. Sejak itulah sayur pohon pisang itu dinamakan sayur ares. 

Makanan ares juga mengandung banyak gizi diantaranya proteinkarbohidrat, lemak, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, serta mineral lain seperti kalsium, fosfor, besi, dan kalium. Jadi sayuran ares bisa menjadi alternatif bagi Anda yang kurang menyukai masakan pedas khas Lombok. Sayur ini cocok untuk makam malam atau sarapan. ares lebih nikmat jika dimakan saat masih hangat dengan sepiring nasi putih.

0 Komentar untuk "Ares Kuliner Khas Sasak Kaya Rempah-Rempah"

 
Copyright © 2014 MUTIARA SASAK - All Rights Reserved
Template By Catatan Info