Keindahan Alam Laut Pulau Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi memiliki luas area sekitar 1.39juta hektar . Taman tersebut terdiri dari 4 pulau besar ,yaitu wangi-wangi kaledupa,Tomia,dan Binongko yang beradadi kabupaten Wakatobi ,sulawesi Tenggara.Pada tahu 1994 ,tim dari IPB melakukan surveidi wakatobi. Dari hasil survei yang mereka lakukan tersebut terungkap bahwa di wakatobi terdapat beraneka ragam kekayaan alambawah laut ,seperti terumbu karang dan aneka binatang laut.setelah mempelajari hasil temuan itu,menteri ke hutanan pun mengeluarkan  SK yang mentap kan Wakatobi sebagai taman nasional .Taman Nasional Wakatobi begitu istimewa untuk di kunjungi . Di taman ini terdapat panorama ke indahan alam bawah laut .Gugusan terumbu karang dapat di jumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 kilo garis pantai . Ada pun jenis karang tersebut adalah acropora formosa, abyacintbus, psammocora profundasafla pavona cactus, leptoseris yabei,fungia molucensis, lobopbyllia robusta, merulina, ampliata, platygyra, versifora, eupbyllia glabrescens, tubastraea, fronds, stylopbora pistilata, sarcopbyton tbrocbelliopborum dan sinularia spp di beberapa tempat di sepanjang karang,tedapat beberapa gua bawah laut yang menambah pesona Wakatobi. 
Di samping ke indahan yang di sajikan oleh beraneka ragam terumbu karang ,taman tersebut  memiliki 93 spesies ikan yang berwarna warni antara lain argus bintik, takhasang, pogo-pogo, napoleon, ikan merah baronang, ambiprion melanopus, chaetodon speculum, cbelmon rostratus, beniubcus acuminatus,lutjanus,monostigma ,dan caesio caerularea,selain itu juga dapat di jumpai raja udang eresia (alcedo attbis)dan tiga jenis penyu,penyu sisik,penyu tempayan ,dan penyu lekang.Berbagai jenis burung laut melengkapi ke indahan Taman Nasional Wakatobi, seperti angsa batu cokelat dan cerek melayu,.Beraneka jenis burung tersebut dapat di liat dari dekat ketika berkumpul di pulau tatkala terbang meliuk-liuk mengikuti nyanyian irama alam sesekali menukik ke laut untuk berburu ikan . Bagi para wisatawan yang menyukai keindahan alam bawah laut dapat melakukan beberapa kegiatan di taman nasional Wakatobi ,seperti menyelam ,snorkeling,dan berenang untuk melihat gugusan terumbu karang yang indah dan warna –warni ikan yang sedang menari . 

keindahan laut wakatobai taman nasional
  • Bagaimana Menuju Wakatobi?
Untuk menuju lokasi bisa di tempuh dengan 3 tahap  perjalanan. Pertama,perjalana di mulai dari Kendari ke Bau-Bau dengan menggunakan pesawat terbang waktu tempuh sekitar 1 jam dan jika menggunakan kapal laut waktu tempuh sekitar 4 jam.kedua,dari Bau-Bauke lasa limu  ke wanci pejalanan dapat ditempuh dengan menggunakan roda 4 dengan waktu tempuh sekitar 2jam .ketiga, dari lasalimu ke Wanci perjalanan di tempuh dengan menggunakan kapal laut dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalan. Wanci merupakan ibu kota Wakatobi sekaligus pintu gerbang pertama untuk memasuki kawasan Taman Nasional  Wakatobi.Jika  Anda berniat untuk bermalam ,terdapat fsilitas hotel dan home stay yang ada di kota tersebut ,demikian pula dengan tersedianya restoran yang menyajikan beraneka ragam menu masakan laut. Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan menyelam di pulau tersebut ada beberapa resort yang secara khusus menyewakan beberapa Fasilitas unutuk kegiatan menyelam dan para wisatawandapat memamfaatkan fasiltas tersebut..
0 Komentar untuk "Keindahan Alam Laut Pulau Wakatobi"

 
Copyright © 2014 MUTIARA SASAK - All Rights Reserved
Template By Catatan Info