Keindahan Gunung Nanggi Desa Sembalun Bumbung

Belum berkunjung ke tempat wisata yang satu sudah muncul wisata yang baru. Itulah ungkapan yang terdengar ditelinga kita jika berada di pulau Lombok.  Saat ini banyak objek wisata baru yang ada di pulau yang terkenal dengan pulau seribu masjid ini. Jadi tidaklah salah Pulau Lombok mendapat penghargaan dari pemerintah khusus dibidang pariwisata. Wisata baru yang akan kita bahas kali ini adalah Gunung Nanggi. Gunung ini  berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani bagian timur tepatnya di Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Tidak Jauh berbeda dengan bukit Pergasingan (salah bukit yang lagi ramai dikunjugi wisatawan lokal maupun luar untuk berlibur akhir pekan) Gunung Nanggi juga menyuguhkan pemandangan yang indah. Indah-nya Gunung Rinjani dan pemandangan desa masih menjadi objek pemandangan yang akan menyegarkan mata kita. Diatas bukit anda bisa menyakisikan indahnya gunug rinjani, desa sembalun, gunung tambora pulau sumbawa serta desa-desa yang ada dikawasan sambelia, pringgabaya, suela dan lain-lain.

gunung nanngi
  • Bagaimana Cara Menuju Gunung Nanggi?
Dari kota mataram menuju desa Sembalun Bumbung jaraknya sekitar 90 Km bisa di tempuh dengan kendaraaan roda dua maupun roda empat. Setelah sampai di desa sembalun Bumbung akan dilajutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 6 jam perjalanan untuk sampai ke puncak Gunung Nanggi ini. Karena tempat wisata ini terbilang baru dan masih belum ada yang mengetahui keberadaan-nya, jadi jalan untuk ke gunung ini hanya orang lokal yang mengetahui akses jalanya. Maka saran saya anda dapat menyewa orang lokal atau pemuda desa sebagai tour guide atau penujuk jalan anda jika anda ingin menuju gunung ini. Disini anda juga bisa menyaksikan sun rise yang mincul dibalik gunung gunung yang ada di pulau sumbawa.

mutiara sasak gunung naggi
  • Trek Pendakian 
Trek pendakian ini bisa dikatakan lumayan sulit bagi anda pendaki yang pemula, karena treknya tidak jauh berbeda dengan trek menuju rinjani jalur senaru. Dijalurpendakian anda akan menemukan air terjun yang ada dibawah bukit yaitu air terjun Banjer. Bagi anda yang biasa mendaki waktu tempuh ke puncak bisa anda tempuh dengan waktu empat jam dan bagi pendaki pemula jarak tempuhnya bisa mencapai enam jam. Jika anda ingin mendaki gunung ini ada baiknya anda melakukan pendakian dibulan musim panas karena jika musim penghujan trek meuju puncak sangatlah licin.

Bagaiman anda tertarik mencoba tempat wisata ini ? 

Pesan :
Tetaplah jaga kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan dilokasi wisata demi terciptanya lingkungan yang bersih aman dan nyaman.

2 Komentar untuk "Keindahan Gunung Nanggi Desa Sembalun Bumbung"

berapa kira-kira uang untuk bayar gaet ?

 
Copyright © 2014 MUTIARA SASAK - All Rights Reserved
Template By Catatan Info