Wisata Mendaki Gunung Galunggung

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi kategori strato( gunung berapi mirip kerucut ) dengan   ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut . Gunung ini pertama kali meletus pada tanggal 14 oktober1882 dan terahir meletus pada tanggal 5 April 1982 dengan semburan mencapai 20 kilo ke angkasa di sertai , semburan debu halus yang mengenai Tasikmalay,Garut,Cianjur,Bandung,dan sejumlah kota lain .
Di kawasan gunung Galunggung terdapat dua tempat wisata favorit,yaitu Danau kawah dan pemandian Cipanas.Dari pintu masuk ,JIka Anda ingin ke lokasi kawah maka ambillah jalan ke kiri , Sedangkan ke pemandian Cipanas mengambil jalan kea rah kanan .Untuk menuju lokasi Danau Kawah Anda akan melewati sekitar 620 anak tangga yang menjadi salah satu Tempat fsvorit untuk berpoto Di dasar kawah, Anda dapat menikmati pesona alamnya yang eksotis dan memancing .Do lokasi tersebut juga trdapat sungai dari resapan danau kawah,gua,terowongan menuju sungai cibanjaran dan Cikunir, serta masjid.


Semantara itu , lokasi pemandian Cipanas tidak begitu jauh dari pintu masuk dan dapat di akses dengan berjalan kaki . di kawasan seluas 3 hektar ini terdapat 2 lokasi pemandian, masing-maasing di kelola oleh pemerintah daerah setempat dan perhutani.DI kawasan ini terdapat kolam renang, kamar mandi dan bak berendam.Selain ke 2 objek tadi , jug terdapat wahana wisata luas 120 hektar.Udaranya segar dan enak untuk di jadikan bersantaidan berkemah.


Gunung Galunggung terletak di kecamatan Sukaratu ,Kabupaten Tasikmalaya, provinsi jawa Barat.Sekitar 20 kilo dari Tasikmalaya. Jika Anda menggunakan kendaraan umum ,sebaiknya turun di Terminal  Bus Tasikmalaya dan melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota jurusan Terminal Galungung-singaparna dengan ongkos sekitar Rp,5000 per orang atau menyewa jasa ojek atau pick up. Harga tiket masuk kawasan ini sekitar Rp 3000 per orang. Di kawasan ini terdapat berbagai pasilitas, seperti areal perenang, arena pertunjukan ,tempat berkemah dan pusat pembelian oleh-oleh. Soal penginapan , tersedia wisma maupun hotel dengan tarif beragam.
0 Komentar untuk "Wisata Mendaki Gunung Galunggung"

 
Copyright © 2014 MUTIARA SASAK - All Rights Reserved
Template By Catatan Info